Cara Merawat Ayam Bangkok untuk Kulit dan Bulu

Merawat Ayam Bangkok aduan yang memiliki pamor lebih mencorong jika kulit tebal dan bulu ini kilat. Ayam bangkok dengan tipe seperti ini berarti menandakan jika ayam dalam keadaan terawat dan tentu akan menambah kewibawaan saat akan masuk ke arena pertandingan.

Namun masih banyak pehobi ayam pemula yang tidak terlalu memperhatikan tentang perawatan baik dari kulit ayam maupun bulunya. Kulit ayam bangkok yang tebal dan kuat juga berfungsi untuk menahan pukulan yang diberikan dari ayam lawan, sehingga ayam akan lebih kuat dan tidak mudah terluka pada saat bertanding.

Sesuai dari pengalaman yang sudah diterapkan oleh beberapa pehobi ayam yang sudah ahli, jamu dan bahan ampuh untuk merawat kulit ataupun bulu ayam, pemilik ayam juga bisa menggunakan rempah alami. Sangat tidak di sarankan memakai bahan kimia yang berbahaya.

Nantinya malah akan berdampak buruk dan merusak kulit ayam. Cukup cari serai dan jahe . Caranya adalah dengan kedua bahan serai dan jahe pemilik ayam, rebus dalam satu wadah, selanjutkan dioles kepada bulu sampai kulit ayam. Cara ini termasuk sederhana, namun mempunyai efek yg bagus bagi kulit ayam dan ayam bangkok, khususnya setelah ayam siap berlaga untuk tahap penyembuhan.

Kulit ayam akan merah yang menandakan jika aliran darah dari sang ayam berjalan dengan lancar. Apalagi jika ayam juragan selepas di laga. Disarankan langsung di oleskan dengan rebusan serai dan jahe untuk meredam pembengkaan dan menghilangkan rasa pegal pada badan ayam. Selain gratis cara ini juga mempunyai banyak manfaat dan harus dicoba jika pemilik ayam belum menerapkan cara ini.

Memang lain pemilik lain juga tata cara perawatan ayan dari mulai masalah bulu dan kulit ayam bangkok. Namun yang sering dipakai oleh para pehobi ayam senior maupun junior banyak yang masih memakai cara lain dalam merawat ayam peliharaannya. Cara di atas selain mudah dan simple, bahan-bahannya mudah ditemukan di daerah lingkungan rumah.