4 jenis virus yang berbahaya bagi ayam aduan

Virus Merupakan Penyakit Berbahaya Bagi Ayam Ada berbagai jenis macam penyakit unggas (ayam), contohnya adalah virus yang sangat mudah sekali menyerang pada unggas dan juga rentan untuk menularkan kepada ayam lainnya serta sangat berbahaya. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang pas untuk dapat menyembuhkan penyakit virus ini. Berikut rincian virus yang ada;

1. Leukosis

Leukosis merupakan penyakit yang menahun, seperti tumor. Penyebar penyakit ini adalah virus Leukosis dengan gejala sel-sel darah putih yang tumbuh secara abnormal. Efek dari penyakit ini adalah terbunuhnya sel-sel jaringan syaraf yang akan menyebabkan kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh dari unggas. Akan terjadi pembengkakkan pada bagian leher atau bagian tubuh lainnya karena efek pembuluh darah putih yang tidak normal. Untuk mencegah penyakit ini dianjurkan :

  • Menjaga kebersihan kandang
  • Berikan Multivitamin dengan komposisi 30 : 70 (vitamin : pakan)
  • Berikan ternak makanan dan minuman yang teratur (terjadwal)

2. Lumpuh Marek

Penyakit ini menyebabkan kelumpuhan akibat virus Herpes. Penyakit ini umumnya menyerang pada ternak ayam dengan rentang umur 1-5 bulan. Gejalanya adalah ayam tersebut mengalami lumpuh pada bagian kaki yang menyebabkan kaki ayam akan tidak rata atau salah satu kaki kearah depan dan yang lainnya kebelakang. Untuk mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan yang sama seperti pencegahan untuk penyakit Leukosis.

3. Gumboro

Penyakit ini menyerang kelenjar bulat yang terdapat pada atas kloaka (lubang untuk saluran pencernaan), penyebabnya adalah virus Gumboro. Virus ini menyerang pada ayam umur 1-12 hari namun tidak akan terlalu tampak jelas kelihatan untuk efeknya. Untuk anak ayam yang sudah berumur 3-6 minggu akan sangat tampak jelas terlihat efek dari penyakit ini yaitu seperti bulu ayam mengkerut, ayam sering mengantuk, lesu dan dubur kotor. Ayam yang terkena penyakit ini dan mati akan mudah sekali membusuk bangkainya. Untuk penyakit ini dapat dicegah dengan :

  • Strerilisasi kandang sebelum ternak dimasukan kedalam kandang.
  • Berikan vaksinasi kepada para unggas secara berkala dan rutin diberikan untuk pencegahan
  • Berikan multivitamin kepada ayam agar ayam tidak mudah stress karena penempatan ayam dikandang yang sangat banyak.

4. Salesma Ayam

Salesma Ayam dapat disebabkan oleh virus avium. Penyakit ini umumnya menyerang daerah pernafasan dengan gejala sesak nafas, mata dan hidung beradang mencair, batuk-batuk dan pendarahan. Penyakit ini merupakan penyakit akun yang sulit untuk ditangani. Bagi para peternak dapat mengikuti tips berikut untuk mencegah virus ini pada kandang unggasnya :

  • Cara paling ampuh untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan kandang
  • Kemudian berikanlah vitamin yang baik untuk para unggas
  • Berikan juga jamu khusus untuk menjaga daya tahan tubuh para unggas ternak yang Juragan miliki